Teangan di dieu

Sabtu, 22 Oktober 2016

Kamus Besar Bahasa MotoGP

Kamus Besar Bahasa MotoGP [KBBMGP]

Dalam MotoGP sering sekali terdapat bahasa / kata -kata yang mungkin masih banyak dari kita yang belum mengerti artinya. Disini akan saya coba jabarkan satu - persatu. Kalau ada yang belum masuk ke kamus, silahkan ditanyakan via twitter ataupun bagian komen di bawah.




Istilah - istilah akan dilist dalam urutan alphabet.

Apex 

Ini adalah istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, dimana pembalap biasanya sudah bersiap untuk kembali membetot gasnya untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.

Braking Marker 

Titik pengereman, dimana pembalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Pembalap biasanya menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap - tiap pembalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

Chicane 

Bagian track dimana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Dimana kalau dilihat dari helicopter cam akan berbentuk seperti huruf "S".

Compounds 

Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

Curbstones 

Biasa juga disebut dengan Kerb. Adalah batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna, normalnya dua, warna merah dan putih. Untuk membantu memanndu pembalap. Fungsi lainnya adalah apabila pembalap terjatuh tetapi motor masih layak untuk melanjutkan balapan, maka curbstones juga dapat digunakan untuk membantu pembalap melakukan jump start, karena permukaannya yang bergerigi lebih mencengkram ban belakang dan memudahkan mesin menyala. 

Displacement 

Biasanya mengacu untuk kapasitas silinder mesin motor. Misalnya 250cc, 600cc, 1000cc.

Dry race 

Balapan dengan kondisi aspal kering. 

Dorna 

Bossnya MotoGP. Ini adalah perusahaan yang mengatur segala jenis administrasi, organisasi. Segala bentuk broadcasting/penyiaran, periklanan, organisasi masing - masing balapan, promosi, produksi, keamanan, menjadi tanggung jawab mereka.

Endo 

Trik yang disengaja atau tidak dengan mengerem kuat pada bagian depan sehingga bagian motor bagian belakang terangkat. Biasa juga disebut dengan istilah stoppie. Kebalikan dari wheelie.

Esses 

Kata lain yang ditujukan untuk Chicane. Mengacu untuk bentuk huruf S pada bagian track.

FIM :

Federation International De Motorcyclism. Adalah badan organisasi yang memimpin segala jenis bentuk olahraga motor di muka bumi. Boss dari segala boss.

Gas 

Throttle atau akselerator. 

Grid 

Garis dimana pembalap bersiap untuk memulai balapan. Terdapat tepat sebelum garis start/finish. Dalam satu baris biasa terdapat 3 grid.

Hairpin 

Tikungan tusuk konde, adalah tikungan diabolikal/putar balik yang sangat tajam, dimana biasanya pembalap harus ekstra pelan dan biasanya berbentuk huruf "U" atau bahkan "V"

High Side 

Keadaan pembalap terjatuh yang diakibatkan ban belakang yang terlalu spin/sliding sehingga kehilangan grip tetapi kemudian kembali mendapat grip tiba - tiba sehingga mengakibatkan motor kehilangan kendali dan melempar pembalap keudara.

Hole Shot 

Pembalap yang mendapat hole shot artinya pembalap yang berhasil masuk di tikungan pertama ketika balapan dimulai. Istilah ini paling sering digunakan di balapan motocross.

Homologation 

Kondisi dimana track atau motor sedang dalam proses persetujuan dari FIM dan organisasi pembantunya untuk dapat digunakan dalam kalender balap MotoGP.

IRTA 

The International Road-Racing Team Association, adalah organisasi yang mewakili hak dari semua team balap. 

Low Side 

Keadaan dimana pembalap terjatuh bersama dengan motornya karena kehilangan grip kedua atau salah satu ban tanpa mendapatkan traksi kembali. Low - side paling sering terjadi ketika pembalap kehilangan grip di bagian depan (Front End).

Lean Angle 

Sudut kemiringan motor ketika memasuki tikungan. Pada saat lean angle maksimum biasanya lutut atau bahkan siku pembalap bersentuhan dengan aspal.

Left Hander 

Artinya tikungan yang mengarah ke bagian kiri dari sudut pandang pembalap.

MSMA 

Motorcycle Sport Manufacturer Association adalah organisasi yang mengatur segala jenis kepentingan dari pabrikan / constructor.

OnBoard 

Biasanya diacukan kepada kamera yang terpasang di motor sehingga penonton dapat secara tidak langsung mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya berada di atas motor.

Parc Ferme 

Tempat khusus untuk tiga pembalap yang berhasil finish podium dalam masing - masing kategori dimana biasanya terdapat team dari masing - masing pembalap podium yang sudah menunggu dan juga kru TV untuk wawancara langsung setelah balapan berakhir. Sejak CRT dan Open Class pada kelas MotoGP biasanya terdapat 4 motor, dimana 3 adalah motor pembalap tercepat dan 1 motor pembalap CRT/Open Class tercepat.

Open Class 

Diperkenalkan di tahun 2014, sebagai pengganti kelas CRT dimana motor mendapatkan perlakuan khusus, dimana motor menggunakan hardware dan software dari Magnetti Marelli dan dapat membawa 24 Liter bahan bakar setiap balapan, juga membawa 12 mesin cadangan sepanjang tahun.

Lebih lengkap baca di : http://vr46vanguard.blogspot.com/2014/03/pro-kontra-factory-factory-2-dan-open.html

Paddock :  

Tempat untuk masing - masing team meletakkan peralatan yang mereka gunakan selama event berlangsung. Terdapat di sisi berlawanan dari pitlane, dimana biasanya team memarkirkan motorhome, hospitality unit, media truck, service truck, suplai ban, clinica mobile,  pada bagian belakangnya. 

Pit Box :

Garasi sementara dengan akses langsung ke pit lane. Terdapat di paddock.

Pit Crew 

Orang - orang yang bertugas sebagai mekanik, assistan dan yang berhubungan langsung dengan team dan pembalap.

Pit Lane 

Bagian yang memisahkan track dengan pitbox/paddock. Merupakan jalur masuk dan keluar pembalap dari garasi ke track.

Podium 

Tempat sakral untuk 3 pembalap yang berhasil finish terdepan dari masing - masing kelas untuk merayakan kemenangan mereka dan menerima piala yang disediakan panitia.

Pole Position Pole 

Mengacu kepada pembalap yang berhasil menjadi yang tercepat dan berhak untuk start dari posisi terdepan. Catatan tercepat diperoleh dari sesi kualifikasi, biasanya satu hari sebelum balapan.

Qualifying QP QTT :

Semua kelas, Moto3, Moto2 dan MotoGP sebelum memulai balapan, biasanya sehari sebelumnya, harus mengikuti kualifikasi untuk menentukan posisi masing - masing pembalap pada saat start. Pembalap tercepat akan start dari posisi terdepan dan menyusul pembalap tercepat kedua dan seterusnya.

Race Direction 

Perwakilan dari Dorna, FIM dan IRTA adalah team yang membuat keputusan - keputusan penting dalam balapan. Misalnya Dry Race atau Wet Race, Hukuman penalty, dan lain sejenisnya.

Ride Through 

Adalah salah satu bentuk hukuman yang diberikan kepada pembalap yang mana dia diharuskan untuk masuk ke pit lane dengan maksimum speed 60 km/jam. Hukuman ini biasanya dikenakan kepada pelanggaran ringan, misalnya mencuri start.

Right Hander : Kebalikan dari Left hander, dimana mengacu kepada tikungan yang mengarah ke bagian kanan dari sudut pandang pembalap dan motor.

Rookie 

Julukan untuk pembalap pemula, atau pembalap debutan yang baru memulai karirnya di salah satu kelas MotoGP.

Rostrum 

Julukan lain untuk podium.

Scrutineering 

Inspeksi yang biasanya dilakukan sebelum dan sesudah balapan untuk memastikan kalau motor yang digunakan pembalap mengacu dan sesuai dengan regulasi.

Slipstream 

Curi angin. Biasanya dilakukan di bagian track yang lurus dengan mengikuti pembalap di depan tepat di belakangnya sehingga tercipta momentum dari aliran angin yang sudah dibelah oleh pembalap di depan mengakibatkan  aerodinamika motor lebih lancar daripada pembalap di depan. Memberikan keuntungan untuk motor dengan power lebih kecil agar tidak tertinggal jauh di track lurus dari motor dengan power besar.

Slicks 

Biasanya mengacu untuk ban yang digunakan pada saat Dry Race. Dimana kompon ban biasanya halus tanpa kembangan atau ukiran sama sekali (botak) sehingga memperbesar persentase permukaan ban yang menempel di aspal demi keuntungan traksi dan grip.

Swingarm 

Lengan ayun. Terdapat di bagian belakang motor. tempat bertumpunya ban belakang dan shockbreaker.

Topping the timesheet :

Ditujukan untuk pembalap tercepat dalam sesi latihan bebas atau kualifikasi.

Tyre Wall :

Tumpukan ban yang biasanya diletakaan di ujung gravel untuk mengurangi momentum ketika terjadi benturan akibat pembalap keluar lintasan / kecelakaan.

Wet Race :

Keadaan dimana balapan harus berlangsung dalam keadaan aspal yang basah akibat hujan. 

Wheelie 

Kebalikan dari Endo atau Stoppie, dimana terangkatnya bagian depan motor, baik disengaja oleh pembalap ataupun tidak. Biasanya sengaja dilakukan pembalap ketika berselebrasi setelah memenangkan balapan.

Wild  Card :

Biasanya diberikan kepada pembalap lokal yang berbakat untuk mengikuti balapan di salah satu kelas MotoGP.

VR46_Vanguard